Kaspersky Anti-Virus 2009 memang berbeda dengan versi sebelumnya, baik itu yang versi 5.0, 6.0 maupun 7.0. Kaspersky 2009 ini tidak menyediakan fasilitas atau layanan untuk update manual. Dengan kata lain updatenya memang diwajibkan untuk koneksi langsung ke internet.

Tapi sebenarnya Kaspersky sendiri telah menyediakan tools khusus untuk melakukan update secara manual yaitu Kaspersky Updater. Tools ini bisa digunakan untuk download update semua produk Kaspersky.  Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Silahkan download dua file berikut ini : Update For Windows dan gui for wind updater
  2. Setelah selesai segara extract kedua file tersebut dan tempatkan dalam satu folder. Selanjutnya jalankan file KasperskyUpdater.EXE untuk download update sesuai dengan versi Kaspersky Anda.
  3. Bila sudah selesai maka klik Apply kemudian START dan tunggu sampai proses download update selesai.

Bagaimana Proses Updatenya ?

Ketika menjalankan updater ini, maka akan terdapat dua buah folder Temp dan Updates di bawah folder yang berisi file KasperskyUpdater.exe tersebut. Folder Temp berisi file-file update sementara dan untuk sepertinya juga untuk membandingkan dengan update yang ada di server Kaspersky. Sedangkan folder Updates berisi File-file update yang sudah siap digunakan untuk meng-update kaspersky

Jika proses download update sudah selesai, kita tinggal mengatur setting di Kaspersky agar proses update tidak dilakukan online, tetapi dari folder Updates diatas. Caranya sebagai berikut :

  1. Klik kanan Icon Kaspersky yang ada di systray windows ( pojok kanan bawah), pilih menu Settings
  2. Pilih menu Update dan klik Settings…
  3. Klik menu + Add dan cari lokasi folder yang berisi file-file update diatas ( folder Updates hasil download diatas)
  4. setelah ditambahkan, hilangkan tanda check untuk “Kaspersky Lab’s Update server” dan klik OK.
  5. Proses selesai, untuk mengupdate, tinggal klik kanan icon Kaspersky dan pilih menu Update. Atau dari menu Utama, pilih Update dan klik Start Update

Jika kita ingin mengambil update di warnet atau komputer lain, jangan lupa menyertakan file-file di folder Temp (dan folder ini jangan dihapus), sehingga proses update bisa berjalan cepat. Untuk folder Updates, seharusnya juga bisa digunakan untuk mengupdate Kaspersky di Komputer lainnya.

Sumber informasi :

Postingan di atas ditulis setelah saya membaca dan merenungkan petunjuk di http://ebsoft.web.id/2008/12/31/tips-update-offline-manual-kaspersky/

relayed: http://www.d60pc.com

Terimakasih atas ilmu yang dibagikan semoga bermanfaat buat kita semua.

Update Posting Terbaru :

Ada beberapa rekan kita mengalami kegagalan download update Kaspersky dengan kode 19 : Process Canceled By User. Hal tersebut terjadi karena ada file system libraries VCRT8 yang kurang. Oleh karena itu bagi Anda yang mengalami masalah tersebut maka Anda silahkan download file system tersebut pada link di bawah ini :

http://data2.kaspersky.com:8080/updater/Microsoft.VC80.CRT.zip

Kemudian extract dan tempatkan semua filenya bersama dalam folder yang sama dengan program update di atas.